Rabu, 15 Juni 2011

Solid State Disk

1.Pengertian
    Solid State Disk adalah media  penyimpanan data tanpa menggunakan komponen bergerak dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti hard-disk konvensional.
SSD sebagai pengganti hard disk.
SSD bekerjanya seperti layaknya flash disk akan tetapi dengan kapasitas yang lebih besar untuk sementara sampai sekitar 40GB tentu sja dengan kecepatan baca dan tulis yang memadai seperti HD konvensional.


2.Sejarah
    Waktu itu, SSD dibuat untuk komputer super buatan IBM yaitu Amdahl dan Cray. Proyek SSD kemudian dimulai lagi dengan kehadiran SSD yang dibuat oleh Storeg Tek pada akhir 1970-an. Di awal tahun 1980-an, Santa Clra sistem memperkenalkan BatRam.Pada tahun 1995, M-system memperkenalkan SSD berbasis flash memory,semenjak itu SSD mulai berkembang.

3.Keuntungan menggunakan SSD
    Keuntungan SSD yaitu:
1.Dari sisi ketahanan dan keawetan SSD lebih unggul.
    karena di dalamnya tidak ada komponen yang bergerak (moving). 2.Lebih tahan terhadap goncangan maupun pemakaian yang lama
    Karena komponen penyimpan data di dalam SSD terbuat dari cip NAND yang statis, sehingga lebih tahan terhadap goncangan maupun pemakaian yang lama.
3. hemat energi
    daya tarik utama SSD bukan kinerjanya, melainkan kemampuan SSD dalam menghemat konsumsi listrik, dibandingkan dengan HDD.
4. bentuknya lebih portable dibanding HD konvensional
   Dari segi bentuk SSD bisa jauh lebih ringkas ketimbang hardisk konvensional, sehingga dia bisa digunakan pada perangkat TI yang kecil. 5. untuk operasi baca tulis secara random lebih cepat dibanding HD konvensional karena tidak menggunakan kerja mekanikal head.

4.Kekurangan menggunakan SSD
Kekurangannya yaitu:
1. harganya mahal untuk saat ini.
 Hal ini dikarenakan produksi sebuah flash memori memakan biaya yang lebih mahal. Selain itu, teknologinya juga tergolong baru. 2. untuk baca tulis secara sequensial/berurutan masih dibawah hd konvensional(untuk saat ini saja, dalam perkembangannya dimungkinkan lebih cepat).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 noer haey. Design by WPThemes Expert

Blogger Templates and RegistryBooster.